Jumat, 19 Februari 2010

Pengawetan Makanan

Pengawetan Makanan

Usaha pengawetan makanan sudah dilakukan sejak dahulu, dimulai dengan cara pengasapan atau pengeringan. Disetiap negaracara pengawetan makanan tidak sama, karena terjadinya perkembangan teknologi yang menyebkan perubahan taraf kehidupan penduduk. Perubahan-perubahan tersebut dapat terjadi secara cepat atau lambat, dalam hal ini perubahan lambat yang berlangsung adalah perubahan dalam cara kebiasaan makan. Perkembangan teknologi pada pengawetan makanan bergantung pada faktor kebiasaan makan dandaya beli penduduk. Berikut ini adalah keuntungan yang dapat kita peroleh dalam upaya pengawetan makanan.
1. Segi ekonomi. Makanan yang diawetkan dapat dikomunikasikan atau dijual ke tempat-tempat yang jauh kapan saja dan tanpa mengurangi kualitas makanan. Dengan begitu, kelebihan makanan disuatu daerah dapat diperluas pemasarannya tanpa Terikat oleh waktu.
2. Mempermudah transportasi. Di Indonesia yang beriklim tropis, makanan mudah sekali membusuk. Pengawetan makanan dapat dipertahankan atau diolah dengan cara lain sehingga dapat dibeli dengan mudah dan tidak berbahaya serta dapat menghemat transportasi
3. Mudah dihidangkan.sebagian makan yang telah diawetkan siap untuk dihidangkan karena bagian yang tidak diperlukan telahdibuang. Denganbegitu, untuk pola kehidupan masyarakat yang telah maju, masalah kendala waktu dapat diatasi.
4. Bermanfaat dalam keadaan tertentu. Adanya bencana alam, kelaparan, pengungsian dan kondisi genting lainnya, serta bantuan makanan yag telah diawetkan dapat segeradidistribusikan.
Berikut beberapa metode yang bisa digunakan dalam pengawetan makanan :
1. Pendinginan. Metode ini berguna untuk mencegah berkembangbiaknya mikroorganisme. Ada tiga jenis metode pendingin.
a. Cold storage. Suhu antara (-10)0 c untuk daging ikan
b. Freezer. Suhu 00 C untuk keju, mentega, dan susu
c. Cool storage. suhu 15-200 C untuk buah-buahan ; suhu 10-15 0 C untuk ; dan suhu kurang dari 2 0 C untuk makanan kaleng
2. Pengeringan. Pengeringan bertujuan untuk menghilangkan air yang terdapat di dalam makanan. Cara ini terbatas pada pembuangan air dalam makanan dan merupakan cara yang paling baik. Saat menghilangkan kandungan air dalam makanan, bakteri yang terdapat dalam makanan akan mati. Proses ini tidak akan merusak isi makanan, tetapi akan menghilangkan kandungan vitamin C.
3. Penggaraman atau pengasinan. Tujuan utama metode ini adalah memperkecil peluang hidupnya bakteri karena bakteri sulit hidup dalam garam berkonsentrasi tinggi. Nilai makanan sedikit berkurang. Garam berfungsi menyerap air dalam makanan.
4. Pengasaman. Pengasaman terutama dilakukan pada buah-buahan dan sayur-sayuran.
5. Pemanisan. Metode ini ditujukan untuk menghambat kehidupan mikroorganisme.
6. Pengasapan. Teknik pengasapan kurang menguntungkan, karena tidak dapat disimpan lama
7. Fermentasi atau peragian. Metode ini ditujukan untuk menghambat dan mematikan mikroorganisme
8. Penambahan bahan-bahan kimia. Metode ini paling banyak dilakukan, baik melalui teknik penggaraman, pengasaman, dan pemanasan.
Untuk menyimpan bahan makanan di rumah, sarana penyimpanan yang dapat digunakan adalah lemari es biasa dan lemari es biasa. Makanan yang akan disimpan harus dalam keadaan bersih. Lemari biasa untuk menyimpan makanan debu, serangga, dan tikus. Sanitasi dapur meliputi ketersediaan air yang mencukupi adanya saluran air limbah, bak pencuci tangan, dan adanya tempat sampah. Selain itu, peralatan dapur juga harus dalam keadaan bersih, dapur memiliki ventilasi yang mencukupi, memiliki tempat penyimpanan makanan yang bersih, serta tidak ada alat atau zat berbahaya yang diletakkan dekat bumbu masak dan bahan makan lain.
Suport By : RIZKY KOMPUTER Jl. Mastrip Beji Boyolangu Tulungagung Melayani : Pengetikan, Rental, Servis, Scaner, Jual Beli, Shooting & Editing Video HP. 081335991179

1 komentar:

  1. Stainless Steel Guitar | TITanium Arts
    TITanium titan metal Arts · TITEN ARTICS. titanium wedding bands We've created a unique & creative titanium tent stakes instrument that is designed and built 2017 ford fusion energi titanium for you. • Stunning and titanium tubing amazing in

    BalasHapus