Senin, 15 Februari 2010

Pendefinisian ilmu Politik

Pendefinisian ilmu Politik ada tiga : pertama, secara institusional yang kedua fungsional, ketiga : pendefinisian didasarkan atas hakekat politik.

§ Pendefinisian institusional yaitu : ilmu yang menyelidiki lembaga-lembaga politik seperti negara, DPR, dll.

§ Pendefinisian fungsional yaitu : lebih mengutamakan fungsi dan aktivitas dari struktur formil dari lembaga politik. Pendefinisian ini meninjau lembaga politik tidak sebagai lembaga-lembaga yang terasing dan bebas dari pengaruh faktor-faktor riil.

§ Menurut Hakekat Politik yaitu : srentetan peristiwa yang hubungannya satu sama lain didasarkan atas kekuasaan.

Politik adalah perjuangan untuk memperoleh kekuasaan, atau teknik menjalankan kekuasaan-kekuasaan atau masalah-masalah pelaksanaan dan kontrol kekuasaan atau pembentukan dan penggunaan kekuasaan.

v Metode dan Teknik Ilmu Politik

Fungsi ilmu adalah menemukan kebenaran obyektif dan untuk mencapai tujuan itu ilmu memerlukan cara-cara dan alat-alat tertentu. Metode dan tehnik adalah cara-cara dan alat perlengkapan yang membantu usaha ilmu dalam menemukan kebenaran itu. Metode dan tehnik menjernihkan substansi, memisahkan khayalan dari kenyataan. Semakin tepat dan intensif metode dan tehnik itu dipergunakan, semakin dekat ilmu itu akan kebenaran, semakin diperkecil peranan khayalan-khayalan dan harapan-harapan yang tidak berdasarkan kenyataan.

a. Metode-Metode Ilmu Politik

- Metode yang didasarkan atas induksi : kesimpulan-kesimpulan umum yang diperoleh berdasarkan proses pemikiran setelah mempelajari peristiwa khusus/peristiwa konkrit.

- Metode yang didasarkan atas deduksi : proses penyelidikan yang didasarkan atas azas-azas umum untuk menerangkan peristiwa khusus atau fakta-fakta yang konkrit. Disamping metode di atas ilmu politik juga menggunakan metode yang didasarkan atas ilmu atau pengetahuan tertentu.

- Metode perbandingan (komparatif) didasarkan atas deskripsi, analisa teori penilaian dan dapat bersifat induktif-deduktif.

- Metode filosofis digunakan untuk mempelajari masalah-masalah politik yang langsung berhubungan dengan kehidupan politik manusia.

- Metode juridis atau legislatik merupakan salah satu metode yang bersifat spesialistis.

- Metode ekonomi digunakan untuk penyelidikan sarjana ilmu politik untuk mengetahui aspek-aspek ekonomis dari materi yang diselidiki.

- Metode sosiologi menitik beratkan pada lembaga-lembaga politik sebagai gejala sosial, sebagai organisme-organisme sosial.

b. Teknik-Teknik Ilmu Politik

Tergolong sebagai tehnik-tehnik ilmu politik antara lain ialah :

- Questionnaire dipergunakan untuk mendapatkan keterangan-keterangan tentang sesuatu masalah tertentu.

- Sampling yaitu diadakan pilihan diantara orang-orang yang dapat dianggap mewakili pendapat mereka sebagai keseluruhan.

- Interview yaitu dipergunakan, dalam mana dua atau lebih orang berhadap-hadapan sebagai penanya dan penjawab.

- Teknik opinionnaire à satu tehnik terbaru dalam bidang ilmu sosial pada umumnya dan ilmu politik pada khususnya.

- Teknik action research penyelidik berusaha secara efektif mempengaruhi obyek yang diselidiki dan kemudian mengamat-amati akibat dari pada pengaruh itu atas obyek yang diselidiki.

Suport By : RIZKY KOMPUTER Jl. Mastrip Beji Boyolangu Tulungagung Melayani : Pengetikan, Rental, Servis, Scaner, Jual Beli, Shooting & Editing Video HP. 081335991179

Tidak ada komentar:

Posting Komentar